Rabu, 08 Agustus 2018

PROBLEM SOLVING TIPS - BAGAIMANA MENGHADAPI MASALAH DENGAN BAIK?

Assalamu'alaikum...

PROBLEM SOLVING TIPS

BAGAIMANA MENGHADAPI MASALAH DENGAN BAIK?

Dalam hidup, kadang berjalan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Suka tidak suka, pasti dalam hidup ini kita semua mengalami permasalahan. Banyak di antara kita, salah dalam menghadapi permasalahan yang ada. Bahkan tak jarang yang memilih untuk lari dalam permasalahan.

Suatu permasalahan tidak bisa dikatakan selesai, jika masalah tersebut terulang kembali. Lalu, bagaimana cara kita untuk menghadapi permasalahan? Bagaimana agar masalah tersebut tidak terulang kembali? Beberapa waktu lalu, Mr.Rustan, Staf ahli MPR yang juga merupakan ahli dalam "Problem Solving" mengunjungi serta berbagi ilmu di kampus kami, Kampus Bisnis Umar Usman mengenai bagaimana menghadapi suatu permasalahan.

PROBLEM SOLVING TIPS - BAGAIMANA MENGHADAPI MASALAH DENGAN BAIK?
PROBLEM SOLVING TIPS - BAGAIMANA MENGHADAPI MASALAH DENGAN BAIK?


Berikut ini langkah untuk menghadapi masalah dengan baik :
1.TEMUKAN CARA ATAU LANGKAH TERUTAMA DALAM MENDEFINISIKAN MASALAH
Bagaimana mendefinisikannya? Sesuai makna, 'Definisi' adalah mengkhususkan, menyempitkan, mengkerucutkan. Yang berarti, dalam mendefinisikan suatu masalah kita dapat mengartikan serta memahami apa itu masalah yang sedang terjadi.

2. MENGHASILKAN ALTERNATIF (SOLUSI)
Setelah mendefinisikan dan memahami masalah, kita bisa menghasilkan berbagai alternatif cara menyelesaikan masalah.

3.MENGEVALUASI DAN MEMILIH ALTERNATIF
Dari berbagai alternatif yang telah didapat, kita pilih alternatif mana yang sesuai dan yang paling mungkin untuk bisa kita lakukan. Saran dari Mr. Rustan, bahwa dalam memilih alternatif solusi, kita bisa memilih mulai dari yang paling kecil resikonya.

4.MENERAPKAN SOLUSI 
Setelah memilih alternatif solusi, kita bisa menerapkannya sebagai solusi untuk masalah yang kita hadapi. Solusi bisa tergantung pada bagaimana kita mendefinisikan suatu permasalahan.

Begitulah langkah dalam menghadapi suatu permasalahan dengan baik. Semoga kedepannya kita tidak takut menghadapi masalah, apalagi lari dari permasalahan, ya. Ingatlah untuk selalu berdo'a kepada Sang Pencipta, ALLAH SWT. apapun masalahnya... Semoga bermanfaat! 
Artikel lainnya, bisa dibaca disini atau di Jasa Tulis by BIBSS

Terimakasih, semoga hari-hari kita dipenuhi manfaat.

Wassalamu'alaikum....

Salam Muslimah Tangguh Inspiratif,

ANISA HABIBAH



Tidak ada komentar: