Jumat, 06 Juli 2018

Buruknya Manusia yang Merasa Dirinya Baik

Assalamu'alaikum...

Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah jika kita masih diberikan kesehatan. Kali ini, Bibah mau menulis tentang "Buruknya Manusia yang Merasa Dirinya Baik". Semoga bisa menjadi sebuah pelajaran bentuk bermuhasabah diri, bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. So, lets check it out!

Hal ini bisa jadi tanpa sadar seringkali dialami ketika kita memiliki suatu kelebihan, tatkala kita sudah lama belajar. Merasa diri ini sudah lebih baik daripada orang lain dan lebih paham dari yang lain. Padahal, ilmu yang telah dipelajari pun sedikit yang kita amalkan.Tak jarang pula kita menyia-nyiakannya, malahan bermaksiat kepada Allah. Kita terlena, tak sadar  bahwa kita ini juga punya banyak kekurangan. 

Sebaiknya, kita sebagai muslim-muslimah adalah seringnya bersu'uzhon pada diri (berintropeksi keburukan diri sendiri). Merasa diri kita ini serba kurang. Kita bisa memperbanyak istighfar. Karena tak sebaiknya pula kita memandang keburukan orang lain. Yang harus kita pegang kuat-kuat ialah, kita memiliki prinsip  bahwasanya diri ini belumlah baik, maka dari itu kita selalu berusaha memperbaiki diri menjadi lebih baik.


Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah menyatakan diri kalian suci. Sesungguhnya Allah yang lebih tahu manakah yang baik di antara kalian".

Buruknya manusia yang merasa dirinya baik, kita bisa melihat orang yang memuji kita, yaitu melihat dalam hal ketaatannya. Jika ia mengetahui keburukan kita, bisa jadi orang tersebut malah menjauh dari kita. Dijauhi oleh manusia masih lebih baik daripada ketika kita tidak sadar dan terus-menerus merasa diri ini baik yang pada akhirnya menyebabkan Allah malah menjauhi kita, Naudzubillahi mindzalik. Begitulah buruknya manusia yang merasa dirinya baik.

"Tiga hal yang membawa pada jurang kebinasaan" :
1.Tamak lagi kikir
2.Mengikuti hawa nafsu yang mengajak pada keburukan
3.Ujub/Takjub pada diri sendiri. 
(HR.Abdur Rozaq)

Do'a Abu Bakar ketika dipuji - Buruknya Manusia yang Merasa Dirinya Baik
Do'a Abu Bakar ketika dipuji - Buruknya Manusia yang Merasa Dirinya Baik


Do'a dari Abu Bakar ketika dipuji orang lain :
"Ya ALLAH, Engkau lebih mengetahui keadaan diriku daripada diriku sendiri dan aku lebih mengetahui keadaan diriku daripada mereka yang memujiku. Ya Allah, jadikanlah diriku lebih baik daripada yang mereka sangkakan, ampunilah aku terhadap apa yang mereka tidak ketahui dariku, dan janganlah menyiksaku dengan perkataan mereka" (Diriwayatkan oleh Al Baihaqi dalam Syu'abul Iman)

(sumber inspirasi tulisan sebagian dari : rumaysho.com)

Nah, begitulah buruknya manusia yang merasa dirinya baik. Tulisan ini Bibah tulis tidak berniat menggurui, juga sebagai self reminder bagi diri Bibah, semoga kita selalu dilindungi oleh Allah dari segala macam prasangka dan dari hal-hal yang tidak disukai-Nya. Berharap Allah memberi kita kekuatan agar bisa selalu memperbaiki diri menjadi lebih baik. Aamiin... 

 Sekian tulisan Bibah kali ini, semoga ada manfaat yang bisa diambil ya... 
Semangat memperbaiki diri :)

Wassalamu'alaikum...

SALAM SEMANGAT MUSLIMAH INSPIRATIF,

ANISA HABIBAH 






Tidak ada komentar: