Kamis, 28 September 2017

UU CAMP DAY 1 : Pengalaman Tak Terlupakan

Assalamualaikum...
Alhamdulillah, Bibah selalu bersemangat kalau menulis blog lagi...Yeyeyeyey, kali ini Bibah akan menceritakan kembali, Pengalaman tak terlupakan selama UU CAMP. Dan ini adalah bagian hari pertamanya....

Umar Usman Camp 
Day 1
Alarm berbunyi sangat keras, hingga memekakkan telinga (lebay,hehehe).Ya, alarm yang telah Bibah atur sejak Minggu malam itu membangunkan Bibah, menunjukkan pukul 03.35 WIB dini hari.Bibah langsung beranjak dari tempat tidur ukuran 200 x 90 m itu dan segera menuju kamar mandi untuk mandi dan berwudhu.Setelah melaksanakan sholat Tahajud dan Sholat Subuh, Bibah makan roti isi coklat kesukaan Bibah.Hingga waktu menunjukkan pukul 05.10 WIB, setelah Bibah benar-benar siap juga barang yang telah disiapkan sudah dipastikan lengkap, Bibah pun keluar kamar kos menuju Kampus dengan berjalan kaki. Sampai di depan pagar kosan, ternyata ada bapak penjaga kosan yang biasa disapa dengan sebutan Babe, Bibah pun meminta izin untuk berangkat camping ke Bogor.Babe pun membalasnya dengan ramah, "iya, hati-hati ya...".Bibah pun keluar pagar dan melangkahkan kaki menuju kampus dengan cepat penuh semangat. Tas yang Bibah pikul cukup padat, disertai tas tenteng (apasih bahasa bakunya, pokoknya itulah ya,hehe...) namun Bibah yakin, bahwa Bibah itu kuat (yaiyalah masih pagi...).Alhamdulillah, sesampainya di Kampus,Bibah langsung absen dan memberi salam yang dijawab oleh Miss Lulu juga Mr.Key.Selanjutnya, kami dipandu untuk berbaris di depan Kampus bersama kelompok kami masing-masing.Hingga kelompok kami lengkap dan mobil tronton TNI tiba, kami pun langsung menaikinya.

Mobil tronton TNI yang mengantarkan kami ke Cipanas,Bogor.
Angkot berwarna kuning-ungu yang mengantar kami menuju Villa Permata
 
Sudah pernah menaiki mobil tronton TNI waktu masih SMA, saat ada kegiatan Pramuka di Pangrango, sehingga Alhamdulillah Bibah sudah terbiasa.Alhamdulillah, Perjalanan kami kurang lebih 2 jam saja menuju  Cipanas,Bogor.Untuk menuju Villa Permata, kami menaiki angkot berwarna kuning-ungu.Hingga akhirnya kami sampai di Villa, kami diminta untuk berbaris sesuai dengan kelompok kami.Hmmm...Sudah kuduga, Semua hp/gadget,dompet beserta uangnya,jam tangan tak terkecuali, dikumpulkan kepada para fasilitator. Setelah itu kami menuju kamar kami masing-masing untuk menaruh barang, khusus akhwat mendapat kamar bagian atas sedangkan untuk ikhwan di bawah.Setelah itu kami menuju aula untuk pembukaan acara.Wah, ternyata kami juga disambut oleh beberapa TNI loh... 


Bersama Kelompok, UMAR MILLENNIALS 26

Saat kami sampai di Villa, foto bersama fasil kami, Miss Ine...



TNI yang sedang memberi pengarahan  
Saat waktu dzuhur tiba, kami langsung sholat dzuhur berjama'ah.Setelah sholat dzuhur kami makan siang bersama.Nah bagian ini yang paling mengesankan, hehehe... . Kami diminta berbaris yang rapi, harus tegak, dibawah sinar matahari yang terik, bagaikan sedang melaksanakan apel.Masing-masing ketua kelompok diminta untuk berbaris paling depan dan melaporkan satu persatu, bahwa kelompok kami sudah lengkap atau belum. Tidak heran, karena Bibah pernah merasakannya waktu Pramuka di SMA,hehehe. Setelah para ketua melaporkan kelompok masing-masing, Salah satu Boss ditunjuk untuk menjadi ketua keseluruhan.Dia bertugas untuk melaporkan kegiatan makan siang kepada pak TNI juga memimpin doa sebelum makan.Kami diperbolehkan untuk duduk namun tetap dalam posisi tegak.Diberi waktu sekitar 2-5 menit untuk makan, tidak boleh ada yang tersisa.Lalu saat 'Makan siang ala-ala militer' ini sedang berlangsung, saat sedang menikmati makanan, tiba-tiba... "Tukar makanan kalian dengan makanan teman sebelah kalian" Walaah, Bibah masih banyak makanannya, sedangkan boss yang disebelah Bibah sudah tinggal sedikit... hehehe tapi Alhamdulillah, kami bisa menghabiskan makanan kami sebelum waktu habis.Setelah waktu sudah habis dan sampah bungkus makanan telah dikumpulkan,kami baru diperblehkan untuk minum dan dibagikan buah semangka.Namun setelah itu Pak TNI meminta agar plastik yang berisi sampah bungkus makanan diperiksa kembali.Oleh Mr.Fey, beliau memeriksa dan menemukan ternyata masih ada yang berisi banyak nasi dan lauknya.Jadilah, kami semua diminta untuk maju secara bergiliran untuk menghabiskan makanan tersebut.Alhamdulillah kami bisa menghabiskan makanan tersebut.

Boss Rofi, sedang menjadi ketua untuk melaporkan kegiatan makan siang dan memimpin do'a
 
Dari peristiwa inilah kita bisa mengambil pelajaran, bahwa kita harus bisa saling berbagi,menghargai waktu,mensyukuri apa yang kita dapatkan, bertanggung jawab atas amanah yang diberikan (contoh: kita menghabiskan makanan yang ada,yang sudah diberikan kepada kita)

Setelah makan siang, kami kembali ke Aula, bersiap untuk mendapatkan materi dari Ustadz.Muhammad Zen.Namun, karena belum kunjung tiba, sambil menunggu, kami diajak Mr.Fey untuk bermain games mengenal karakter diri. Mr.Fey bercerita lalu menyebutkan beberapa pilihan dan kami diminta untuk memilih salah satu dari kata atau benda tersebut.Dan setelah itu, Mr.Fey memberi tahu karakter diri seperti apa sesuai dengan kata-kata yang kita pilih. Dan pilihan Bibah begini hasilnya... :
  • Kuda Coklat : Labil, Saat sudah menjalani bisnis A, kadang saat ada bisnis B, ia langsung ingin berpindah ke bisnis B juga
  • Berlari bersama kuda : Kalau ada masalah, biasanya datang meminta solusi kepada orang-orang yang dicintainya,seperti keluarga,teman,sahabat, atau mungkin pasangan... (*eaakk)
  • Jembatan Kayu : Kelihatannya Kokoh, padahal sangat rapuh 
  • Saat harus menyebrang dan ada jembatan tapi rusak, Bibah memilih untuk puter arah :  Belum terlalu bisa mengambil resiko
  • Vas Keramik : Terlihat kokoh padahal rapuh
  • Pintu terbuka : mudah blak-blakan
  • Meja kotak : Tidak suka ikut campur urusan orang lain
  • Kotak besar : ambisius,perhitungan.
  • Kunci banyak :  memiliki banyak teman
Kami berkumpul di Aula

 
Mr.Fey berpesan, bahwa ini hanya sebagai contoh, tidak dijadikan sebagai patokan bahwa kita seperti itu, karena bisa jadi kita lebih baik atau lebih buruk dari yang disebutkan, maka dari itu, kita harus selalu instropeksi diri agar bisa menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Alhamdulillah, Ustadz Muhammad Zen tiba, jadilah kami mendapat materi dari beliau.
 Bisnis Online dalam Fiqih Muamalah
Ustadz.Muhammad Zen

Ustadz.Muhammad Zen, Dosen UIN Jakarta, Dosen IEF Pascasarjana Trisakti, IMZ Associate Expert, Narasumber beberapa Televisi Nasional.

Beliau menyampaikan kata kunci dalam berbisnis, Segala sesuatu prinsipnya boleh (dalam bermuamalah). Jual beli halal, haramkan Riba.Jual barang yang halal dan baik.Ada 2 macam halal : halal karena zat nya dan halal karena prosesnya, atau alatnya,dan lain sebagainya. Rasulullah sudah dari kecil cari uang, beliau menggembala saat berusia 9 tahun, mulai berdagang dan merantau usia 12 tahun hingga usia 37 tahun.Dalam berbisnis, kita diperbolehkan menjadi reseller, dropship.Karena dulu Rasulullah juga pernah menjadi reseller dan dropshipper.Setelah berbisnis sampai 25 tahun lamanya, saat menjadi pemimpin, Rasulullah tetap memantau bisnis, tetap memantau keadaan pasar.
Ustadz Zen juga menjelaskan bahwa :
  • Ghasab : memakai kepunyaan orang lain tanpa izin itu dilarang
  • Berbisnis Bir Pletok itu halal, karena Bir Pletok adalah sebutan bagi orang Betawi untuk minuman jahe untuk kesehatan
  •  Akad Paroan : Menggunakan sistem bagi hasil
  • Berbisnis online itu boleh asalkan tidak ada pihak yang dizalimi,sesuai dengan sertifikasi
  • Taqrir : mengakui, Taghyir : Memodifikasi, Tabthil : Membatalkan.
  • Tidak boleh menimbun harta, karena akan menimbulkan kelangkaan, jika mengalami kelangkaan maka khawatir akan menaikkan harga, dan membuat orang lain kesulitan.
  Setelah mendapat materi dari Ustadz Zen, kami para akhwat menuju aula yang ada kolam renangnya.Kami disini sharing tentang menjaga kesehatan,kebersihan, merawat bagian-bagian tubuh, khususnya untuk para perempuan. Karena untuk menjaga dan merawat tubuh kita ciptaan Allah, juga termasuk mensyukuri atas apa yang telah Allah berikan.Berguna juga untuk kami yang berbisnis, jika ingin bertemu pelanggan atau client, maka kita harus bisa menjaga penampilan, harus wangi juga dong, biar clientnya merasa nyaman dan mau membeli produk/jasa kita.

Setelah sholat Maghrib kami makan malam bersama di aula, lagi-lagi di aula yang ada kolam renangnya 😄. Setelah Isya, kami kembali ke aula besar, kami mendapat motivasi dari Mr.JOSS....!

Mr.JOSS memberi motivasi kepada kami semua

Motivasi dari Mr.JOSS 

Luar biasa sekali, Mr.Joss sebenarnya sudah dekat dengan villa sejak waktu menjelang Ashar, namun karena terjebak macet didepan Taman bunga Nusantara, dikarenakan hari ini ialah hari ulang tahun taman bunga tersebut, maka digratiskan, jadilah ramai pengunjung dan menyebabkan kemacetan.Mr Joss pun turun dari mobil dan langsung menuju villa dengan berjalan kaki.Dan Alhamdulillah sehabis isya bisa memotivasi kami, para mahasiswa Kampus Bisnis Umar Usman.

Mr.JOSS berpesan kita harus siap dididik dan dibina.Kita juga tidak boleh melupakan jasa-jasa guru kita, maka jangan lupa untuk mendoakan guru-guru kita, supaya ilmu yang kita dapatkan berkah, rezeki pun bisa lancar.Mr Joss juga meminta kami untuk berpasangan, ada yang menjadi Umar, ada yang menjadi Usman.Tugas Umar ialah menepuk bahu menanyakan kepada Usman, "Apa yang Anda cari di Umar Usman?" dan tugas Umar adalah menjawab si Umar, dilakukan berkali-kali.Lalu bergantian menjadi sebaliknya.Disini Bibah terharu, karena bisa menemukan tujuan hidup.Ya, Mr.JOSS meminta kami agar kami tahu apa tujuan hidup kami, apa tujuan kami di Umar Usman ini.

Apa yang anda cari di Umar Usman?


Sebagai Muslim yang baik, kita juga harus bisa menghargai waktu, caranya ialah disiplin waktu,tepat waktu.Sholat Shubuh tepat waktu, karena memang subuh merupakan waktu terbaik.Kita juga harus menjaga kebersihan karena Kebersihan sebagian dari Iman.Bisa bertanggung jawab.Kami juga diminta agar bisa menerapkan ilmu jualan yang selama ini sudah diajarkan.Dan juga beliau berpesan minimal kita menghafal Juz 30, agar kita bisa mengajarkan kepada generasi-generasi berikutnya.

Setelah itu kami diperbolehkan untuk kembali ke kamar masing-masing untuk beristirahat.Bibah dan teman-teman, sebelum tidur menuju kamar mandi yang di aula (yang ada kolam renangnya) karena di kamar kami tidak ada airnya, untuk sikat gigi dan cuci muka.Saat kami kembali ke kamar, ternyata air sudah hidup, hmm... cukup menyebalkan... tak apa, disini kesabaran kami diuji. Kami pun tidur, Bibah tidur dikasur bersama 3 orang teman, Boss Ana,Boss Olan, Boss Zizi Incess. Sedangkan Boss Vira dan Boss Maryam tidur dengan sleeping bag nya dibawah.

Alhamdulillah, Pengalaman yang sangat tak terlupakan, sekian blog Bibah UU CAMP hari pertama, Semoga  bisa bermanfaat, bisa memotivasi dan menginspirasi bagi kalian yaaa... Terimakasih, see u very soon, in my next blog!

Wassalamualaikum...
Salam Pengusaha Sukses Berkah Berlimpah,
ANISA HABIBAH.  


 

6 komentar:

spray hijab hija spray mengatakan...

Asiiiik bngt laaaaah ini
... nama saya bnyaaaaak .... hehehh....

Anisa Habibah mengatakan...

Heheehe mister seneng banget yaa namanya dimasukin ke blog bibah...

Unknown mengatakan...

Pengalaman yang berharga.. semoga berguna untuk pengembangan pribadi ya Nisa...

Anisa Habibah mengatakan...

Iyaaa kakk ind,, aamiin....yra...

Unknown mengatakan...

ka, masih jadi mahasiswa umar usman?

Anisa Habibah mengatakan...

Iyaaaa Alhamdulillah masih, baru masuk semester 2, boleh kalau mau nanya tentang kampus umar usman ya, dm aja di ig aku: anisahabibah19