Kamis, 21 September 2017

Dream and Action & Dream Chart Practice

Assalamualaikum...
Siapa sih yang gak suka Ayam Bakar??? kalau Bibah mah, gak perlu ditanya, sukaaaa bangettt!!! hehehe...Nah, kali ini Bibah akan sharing tentang DNA Business workbook yang Bibah dapatkan materinya dari pemilik Ayam Bakar Ciamik... Langsung baca ajaa yuk...
`

Dream and Action
Mr.Ary Gunawan Ciamik

"My Dream My Adventure" 

Muhammad Ary Gunawan,Pengusaha Ayam Bakar Madu Ciamik.Bookwriter (Gramedia,2010).Founder Entrepreneur in Action.

"Kalian harus tahu, arti nama kalian.Karena namamu adalah bagian dari do'a orangtuamu." begitu kata Mr.Ary. Kalau nama Bibah, 'Anisa' berarti Wanita dan 'Habibah' berarti Cinta atau Kekasih.Nah, kalau digabung, Anisa Habibah bermakna "Wanita yang diCintai". Hehehe, Aamiin... Dicintai Allah dan Rasul, dicintai Keluarga,guru, teman dan.... semua orang! Aamiin...Setiap orang ditakdirkan sukses, karena sejak lahir sudah menjadi pemenang.
Ayam Bakar Ciamik oleh Mr.Ary

Resign dari Garuda di tahun 2009.Memulai usaha kuliner Ayam Bakar Madu Ciamik di tahun 2010.Karena terpepet, dan bosan jadi pegawai karena terikat,Mr.Ary mencoba membuka usaha Ayam bakar."Karena katanya, kalau ayam bakar itu kalau gosong gak masalah, malah harus gosong(dibakar) biar enak,hehe".Kebetulan istrinya pandai masak, dan Mr.Ary handal dalam marketing atau pemasaran.Mr.Ary menjelaskan, bahwa seorang Entrepreneur adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru,menentukan cara produksi baru,menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, kemudian mengatur permodalan operasinya. Jadi, Bisnis merupakan kemauan dan tekad , bisnis itu soal MINDSET, bukan main -main aset.Karena menjadi Entrepreneur, bukan pedagang.Menjadi entrepreneur itu bisa mencetak generasi pengusaha.

 Mimpi dengan mata terbuka? memangnya bisa? Ya, bisa. Membuka mata, buka mindset, buka hati.Dan yang penting juga, menjadi diri sendiri, jangan ikut-ikutan orang lain,ya...

Mr.Ary menjelaskan apa itu DNA


Apa itu DNA? 
  • DNA adalah informasi genetik yang unik
  • Memiliki jutaan kombinasi yang unik
  • Dapat mereplikasi dirinya
  • Memetakan pohon keluarga
  • Setiap orang mempunyai karakter yang berbeda,setiap orang memiliki DNA, temukan kekuatan itu untuk mencapai kesempurnaan hidup dan tujuan
DNA - DREAM N ACTION
  • Banyak bisnis gagal karena trial & error
  • Banyak startup business yang dijalankan tanpa perhitungan. Bisnis bubar, duit hangus
  • Mimpi itu mudah, Action itu perlu, Ilmu perlu guru, guru harus diburu.
How to do DNA?
  • Visi dan Misi
  • Business Idea & Inspiration
  • Set Dream chart
  • Action plan plus Target
  • Strategi mencapai target
  • Business Startup track record
  • Evaluasi, cari solusi terbaik
  • Perbaikan hasil
 
Mr.Ary Gunawan Ciamik


 Mr.Ary juga menyampaikan, bahwa keuntungan menjual produk sendiri, diantaranya :
Bisa mewariskan bisnis turun temurun,bisa mengontrol,memainkan kekuatan,membuat satu paket produk, bisa mengembangkan brand & kemasan. Mr.Ary memberikan tips untuk memulai suatu usaha, antara lain : Berani sepi dan rugi di awal, Jeli melihat peluang, masalah dijadikan sebagai peluang usaha,berani bermimpi,membuat suatu statement, lalu tanya kenapa? kejar terusssss hingga mendapat jawabannya.
 My Vision, My Personality. Ada jumlah, ada produk.Kita jual sama yang mau beli.Kita pilih jual produk yang manfaat bagi orang dalam jangka panjang atau pendek.Ayo jadi Fighter!. Untuk kita pemula, mengambil produk orang lain jika ingin dijual kembali, harus izin, lalu improve.
Growth Mindset, 
SMART : Specific,Measurable , Achieceable,Rational,Timeline.
SEO : Sedekah Emang Oke
RIBA : Rezeki Ilang Bisnis Ancur.

Ingatlah tercantum pada  surat At-Thalaq ayat 2-3 (ayat seribu dinar)
Kita diperintahkan oleh Allah untuk bertawakkal agar Allah mencukupkan.... 

Alhamdulillah, selesai materi dari Mr.Ary kami melaksanakan sholat dzuhur berjama'ah di Masjid Al-wustho dekat kampus kami.

Setelah waktu istirahat selesai, kami melanjutkan mengikuti materi selanjutnya, yaitu mengisi Dream book.


Dream Chart Practice
Tim Fasilitator

 Kami dibagikan kertas dream book oleh para boss yang membantu fasilitator.Kami berkumpul dengan kelompok kami masing-masing, beserta fasilitator kami,tentunya.
Pada kertas tersebut,terdapat lembar pertama, DNA Personal/Self Concept yang berisi Riwayat hidup,Motivasi utama bersekolah bisnis di Kampus Bisnis Umar Usman,Apa hobi,bakat dan keahlian yang dominan dimiliki,Kelemahan yang dominan dimiliki,Apa yang harus dilakukan untuk menutupi kelemahan tersebut. Lembar kedua, pengisian karakter yang sesuai, kemudian diberi kesimpulan mengenai figur kami seperti apa, tertera perjanjian dan harus ditandatangani.Lembar ketiga,DNA Produk berisi Jenis bisnis yang dicita-citakan,mendeskripsikan bisnis yang akan atau sudah dijalani,menjelaskan karakter produk serta target pelanggan,menjelaskan profil produk seperti apa yang bisa dikreasikan dan targetnya,darimana mendapat ide dan peluang untuk merealisasikan mimpi bisnis,menyertakan keyakinan kapan bisnis kami terwujud,serta pertanyaan mengenai apakah kami sudah menguji  produk kami di pasar.
 Lembar terakhir, DREAM CHART, kami menyusun impian kami beserta bagannya,jangka waktunya,dan bagaimana cara kami merealisasikan mimpi tersebut.

Kami pun diberi tugas untuk membuat DREAM CHART pada sebuah karton berukuran A3, dan juga merevisi kertas dream book tadi ,jika masih ingin berubah pikiran.

Alhamdulillah, setelah materi hari ini selesai, kami pun diperbolehkan untuk pulang. Bibah pun kembali ke kosan dengan senang hati, juga sudah berjanji dengan teman, Boss Salvia, untuk mengerjakan tugas Dream Chart bersama di kosan Bibah.


Sekian blog Bibah, sampai jumpa di blog-blog berikutnya yaaa...! Terimakasih, Semoga bagi yang membaca blog bibah bisa mengambil manfaat yang ada. Aamiin...

Wassalamualaikum...
SALAM PENGUSAHA SUKSES BERKAH BERLIMPAH,
ANISA HABIBAH.



Tidak ada komentar: