Jumat, 15 September 2017

Pengusaha DinoDonuts & Pengusaha Penghafal Al-Qur'an

Assalamualaikum...

 Siapa yang baca blog bibah, terus mau jadi Pengusaha juga??? Jadi Pengusaha itu enaaaak, Usahanya jalan, Pengusahanya jalan-jalan....
enak aja apa enak banget??? Enak banget dong!! Yuk, cuci muka dulu kalau yang punya pemikiran seperti itu...😄 . Bibah mau share nih ke kalian, pengalaman serta materi yang disampaikan oleh Pengusaha Dino Donuts & Pengusaha Penghafal Al-Qur'an... waah, siapa aja sih mereka? yuk langsung baca aja...!



PENGUSAHA DINO DONUTS
Gufron Syarif (CEO)

Gufron Syarif, Founder & CEO Dinodonuts.Dosen Universitas Padjajaran.

Siapa yang suka sama donat? Kalau bibah suka makan donat, bukan suka sama donat!!! *abaikan*😄 Suka banget sih, makanan-makanan yang lembut-lembut (selembut hatinya *eaaakk), misalnya donat,roti,bolu,brownies,dll...Pas kedatengan Pengusahanya Dinodonuts di kampus umar usman, waaaah jadi pengen beli dan makan donat nya! Pernah lihat di instagram sih, tapi belum pernah nyobain....huhuhu mau nyobain, hey kalian yang baca, mau beliin bibah gak?? atau mau dibeliin sama bibah? Eh, apaansih, udah deh langsung aja yuk kenalan sama Pengusaha Dinodonuts nya, kali aja ketemu, trus dikasih gratis!!! hahaha, iya,gratis kardusnya aja ya. Ohya, nanti akan dibuka cabang di Tangerang city Mall, yippieee!! kalo pulang ke Tangerang,mau beli ah... atau via Gofood juga udah bisa lohh!!
Bisa kustom huruf dan angka juga loh!


Mr.Gufron Syarif, CEO Dinodonuts

Waktu masih SMA, Bibah pernah sih, mau kuliah di Universitas Padjajaran,jurusan Psikologi, tapiiiii... dikarenakan Bandung jauh, yaelaaah,kuliah di Jakarta aja izinnya bukan main susahnyaa!!!, Harap maklum, anak bungsu, orang tua khawatir paraaah...!😊. Kalau misalkan bibah jadi kuliah di Unpad, mungkin gaksih, bakalan ketemu sama Mr.Gufron ini? ya, mungkin ketemu, tapi hanya sekedar tahu kalau dia dosen Unpad. 
Yayayaya.... Bibah kuliah di kampus Umar Usman, eh jadi tahu deh kalau Mr.Gufron ini Dosen di Unpad sekaligus Founder & CEO donat Dinodonuts
Dosen Unpad ini, pernah juga loh mengalami kegagalan...


Setelah lulus menjadi sarjana Akuntansi Unpad, ia sempat bekerja di sebuah kantor, namun ia merasa passionnya di bidang Bisnis. Lalu ia pun meminta izin kepada orang tuanya untuk memulai bisnisnya.Namun orangtua tetap tidak mengizinkan, karena orangtuanya ingin anaknya bekerja kantoran.
Beberapa waktu kemudian, Mr.Gufron berkuliah di MELBOURNE,Australia, Jurusan BISNIS IT. Disinilah ia sadar, saat hidup sendiri, di negeri orang. Dia memiliki uang bulanan yang hanya cukup untuk biaya sewa apartemen.Untuk makan dan kebutuhan lainnya lalu ia pun terpaksa menjadi cleaning service.Setelah lulus dan punya cukup uang, ia kembali ke Indonesia dan berniat menerapkan di Indonesia ilmu bisnis yang ia dapat saat kuliah.
Pernah bisnis plastik, karena ia mengira cukup mudah untuk dijalankan.Ternyata saat ia sudah mulai terjun di lapangan, tak semudah yang ia bayangkan.Pemulung-pemulung itu sudah dibayar para pebisnis ulung diluar sana untuk  mencari plastik lalu dikumpulkan dan si pebisnis itu tinggal mengambilnya.Lalu ia pernah bisnis menjual nasi ayam di foodcourt Unpad, yaa, memang sasarannya adalah mahasiswa-mahasiswa. Ada juga yang begini, saat mahasiswa saya membeli nasi ayam ditempat saya, ia bilang, "Pak, saya beli ya, nama saya .... di ingetin ya pak" begitu. Ya, gapapa, yang sering beli atau yang saya ingat pernah membeli saya kasih nilai A, saya senang jualan saya laku, mahasiswa saya pun senang dikasih nilai bagus,hehehe, itu salah satu strategi saja ya.Lalu merasa berhasil di foodcourt, ia berniat untuk membuka toko yang lebih besar lagi.Dibukalah Cafe di Dago,Bandung.Ia menyewa tempat dan sudah dibayarkan kepada pemilik tempat.Beberapa bulan ramai pengunjung.Pada suatu hari, Mr.Gufron dikagetkan, dengan kedatangan polisi-polisi yang memotret tempat ia berjualan.Ternyata saat ditanya mengapa pak polisi mengambil foto ditempatnya, dikarenakan pemilik tempat  yang disewa Mr.Gufron ini usahanya mengalami kebangkrutan dan ia meminjam uang di bank namun tak bisa membayar lalu rumahnya tergadaikan termasuk tempat yang disewa Mr.Gufron ini harus digadaikan. Nah, dengan sangat terpaksa dan sedih,Mr.Gufron harus menutup cafenya.Sedih, karena pada saat itu sudah memiliki Istri dan anak yang harus ditanggung biayanya.Kembalilah ia berjualan di foodcourt Unpad.



Tahun 2012 ia berinovasi, karena pada tahun itu sedang maraknya level pedas, seperti keripik level pedas. Namun ia tidak membuat keripik, ia membuat Rendang level pedas dikarenakan istrinya yang jago masak.Awalnya ia jual hanya modal dari mulu ke mulut. Namun memang ya, menikah itu membuka pintu rezeki, apalagi kalau sudah punya anak. Anak saya  punya temen suka main odong-odong bareng,nah ternyata ayah dari anak tesebut adalah pegawai di supermarket, jadilah saya yang seharusnya memasukkan makanan produk saya bisa mengantri sampai 2 tahun, Alhamdulillah ini hanya butuh 2 minggu Rendang level saya sudah bisa masuk supermarket.Dikarenakan kalau supermarket itu kita harus mendapat omset yang sesuai untuk dibayarkan ke supermarket dan kita pun tidak langsung mendapat uangnya (hasil penjualan di supermarket) dibulan itu juga, Mr.Upo,begitu panggilannya, pun berpikir keras agar bisa mendapat uang yang pagi jualan, sorenya bisa bawa uang.Saat itu ia pergi ke acara kondangan temannya, lalu disana ada donat.Dibawa pulanglah donat itu untuk anaknya, lalu ia makan bersama dirumah sambil menonton film di tv.Kebtulan film yang ditayangkan adalah film Jurassic Park.Muncullah ide Mr.Upo untuk membuat donat berbentuk dinosaurus.  Ia pun mengikuti kursus membuat roti & kue yang hanya perlu waktu satu hari. Ia belajar membuat donat. Pada suatu hari ia memanggil tukang cetakan untuk memintanya membuat cetakan berbentuk dinosaurus.Ia tidak peduli,"pokoknya harus jadi sekarang juga tuh cetakan dinosaurus!". Setelah jadi, ia pun membuat donat dengan cetakan dinosaurus. Awalnya ia berjualan dengan 'modal kecil' di depan rumah yang juga di depan rumah itu ada SD dan sasarannya anak-anak kecil.Namun yang laku hanya sedikit sekitar 1-2 donat saja yang terjual.Akhirnya kenal instagram, jadilah ia memgambil foto donat-donatnya lalu di upload ke instagram. Karena hasil foto di instagram bagus, sedangkan dirumah memakai gerobak, ia memutuskan untuk menyembunyikan gerobaknya kedalam rumah. 
Donat Dindonuts, lucuuu yaa!!!

Dindonuts ini bisa juga dijadikan hidangan saat momen acara ulang tahun,momen berharga bersama keluarga,momen-momen penting lainnya.
Bisa kustom huruf dan angka juga loh!
 
 Ilmu yang disampaikan Mr.Upo ini diantaranya :
  • Kerugian itu bisa melatih mental
  • Usaha Bukan MODAL, tapi bagaimana kita bisa memanfaatkan peluang serta kesempatan 
  • Berbisnis dimulai dari kesukaan, lalu menemukan passion,menemukan masalah lalu dijadikan kesempatan yang akhirnya menemukan solusi.
  • Usahakan jangan jadi brand follower, tapi jadilah Brand Leader 
  • Membedakan antara Needs & Want.Harus bisa mengerti 'Psikologi dalam Bisnis'
  • Memasarkan Produk Baru atau yang sudah ada, sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan, intinya MULAI!
  • Mengemas produk menjadi lebih bagus
  • Komunikasi Marketing sangat dibutuhkan
  • Desain produk yang menarik
  • Penawaran serta Pengulangan (Iklan)  
  • Sebelum memulai, perhatikan : Segmentasi,Target,Posisi. 
 Insya ALLAH, nantinya ia juga akan membuka usaha minuman, teh tarik di Business Space MRT

Setelah sholat dzuhur dan makan siang, kami kedatangan Wakil Rektor kampus Umar Usman Tercinta, dengan sapaan akrabnya Mr.Joss !!!!

Pengusaha Penghafal Al-Qur'an
Mr.JOSS

Mr.JOSS, Penulis buku Jurus Ampuh PENGUSAHA TANGGUH, Wakil Rektor Kampus Bisnis Umar Usman.
"Jika menjadi pengusaha adalah ibadah, maka menjadi yang terkaya adalah dakwah." -Mr.JOSS-
 
Mr.Joss, begitu sapaan akrabnya.Mr.Joss ini adalah wakil rektor Kampus Bisnis Umar Usman.Mr.Joss berpesan bahwa, jadi pengusaha itu jangan kebanyakan mikir! Langsung mulai saja.Mr.Joss menegaskan bahwasanya, Allah itu jadi tujuan kita, Rasulullah menjadi teladan,Al-Qur'an menjadi panduan. Beliau mengajarkan kepada kami lagu ciptaannya yang dijadikan spirit kampus Umar Usman, yang liriknya diantaranya sebagai berikut :
Pengusaha Penghafal Al-qur'an
Didadaku dipenuhi Iman
Allah jadi tujuan
Rasul jadi teladan
Al-Qur'an menjadi panduan  
 
  Masya Allah, bibah mendengar kalimatnya saja sudah terharu, maknanya dalam sekali lagu ini....Jadikan Al-Qur'an sebagai panduan hidup kita, karena tujuan kita adalah akhirat. Banyaknya pesan yang disampaikan oleh Mr.Joss, ia juga berbagi pengalamannya, ia menulis buku dan alhamdulillah sudah banyak manfaat yang ia transfer melalui buku tersebut. Ia juga berpesan, menikah itu bisa membuka pintu rezeki,beliau sudah membuktikannya. 
Mr.Joss saat menceritakan pengalamannya
 
Mr.Joss mengajak kami untuk menjadi Pengusaha Penghafal Al-Qur'an



 Mr.Joss mengajak kami untuk memasukkan serta meresapi kedalam pikiran dan hati kami yaitu dengan cara mengucapkan, "Menghafal Al-Qur'an itu mudah." secara berulang kali. Mr.Joss juga mengajarkan kami cara cepat menghafal Al-Qur'an beserta artinya, yaitu dengan metode gerakan.
 Sholat di awal waktu, Sholat Dhuha dan Sedekah itu dapat membuka pintu rezeki,Al-Qur'an melembutkan hati, Baru berniat untuk menghafal al-qur'an saja itu sudah bernilai pahala menghafal al-qur'an,Jika kita jadi pengusaha yang berilmu dan hafal Al-qur'an,Insya Allah kita dimuliakan oleh Allah, ditinggikan derajat kita,baik di dunia maupun di akhirat nanti. Tentunya dengan menghafal al-qur'an,kita bisa meminta kepada Allah,minta hafalan kita diganti dengan sesuatu, misalkan kita mau minta apa sama Allah,Insya Allah,dikasih....Karenanya, Kita harus yakin kepada Allah, bahwa Allah Maha pembuka pintu rezeki, Allah Maha Kaya, bukan sesuatu yang sulit bagiNya untuk membuat hambaNya kaya berkah berlimpah.Mintalah hanya kepada Allah, Insya Allah berkah yang didapat.

Pada akhir acara, kami diajak mr.Joss untuk merenungkan diri, yang membuat kami menangis tersedu-sedu.Dan membuat kami lebih ingin mendekatkan diri kepada Allah....Alhamdulillah.

Alhamdulillah,acara kami selesai semoga diberkahi oleh Allah, kami pun pulang setelah waktu ashar tiba.

 Blog bibah kali ini sampai disini dulu yaa,, semoga bermanfaat dan bisa diambil manfaatnya dan bisa diterapkan yaaa,Aamiin ya rabbal alamiin....


Wassalamualaikum...
Salam Pengusaha Sukses Berkah Berlimpah,
Anisa Habibah.










 
 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Setelah ini dia menjadi pengusaha minumanan haus!