Jumat, 08 September 2017

MATRIKULASI DAY 3 : Character Detect & Deep Sharing Group

Assalamualaikum....

Di blog Matrikulasi Day 3 ini Bibah akan sharing tentang Pengalaman hari ke-3 Bibah saat Matrikulasi yaa, ada Character Detect dan Deep Sharing Group.
 Yuk,langsung aja dibaca.....

CHARACTER DETECT
Mrs.Dina Kamalia,Psi.
 "Mengenal Tipe Diri & Orang Lain untuk Proses Belajar & Kerjasama yang Efektif"

Dina Kamalia,Psikologi.Pendiri dan Pemilik Humanpro Consulting(PT.Humanindya Profesi Indonesia).Konsultan Management.Program Development Dompet Dhuafa.

 Begitu tahu, bahwa pematerinya adalah seorang lulusan Psikologi, Bibah langsung terpana dan tentunya sangat bersemangat untuk memperhatikan.Mengapa? Karena salah satu cita-cita Bibah adalah Psikolog!!! huh, Alhamdulillah, bisa dapatin materi dari psikolognya aja udah seneng banget!!!! Semoga Bibah jadi Pengusaha sekaligus Psikolog juga yaaa, Aamiin yra.. yang terpenting bagi Bibah adalah bisa memberi manfaat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak.

Mrs.Dina Kamalia,Psi.


Beliau menjelaskan bagaimana kita mengenal tipe diri dan orang lain untuk proses belajar & kerjasama, hal ini tentu sangat bermanfaat dalam dunia bisnis, juga dalam perkuliahan.Beliau mengenalkan kami salah satu cara untuk mengenal tipe diri, yaitu dengan Sistem DISC, oleh William Moulton Marston(1893-1947).  
Apa itu DISC ? DISC(Dominance,Influence,Steadiness,Complience) atau biasa disebut juga Personal Profil Analysis adalah sebuah alat ukur yang menggolongkan manusia berdasarkan tingkah lakunya dalam pekerjaan dan kelompok kerjanya. 
Berikut Kegunaan DISC :
  • Memahami perilaku diri sendiri dan orang lain
  • Menyadari kekuatan yang ia miliki di situasi kerja
  • Merecruit orang yang tepat
  • Mengidentifikasi area pengembangan
  • Mengelola unjuk kerja
  • Membentuk tim
  • Meningkatkan Efektifitas komunikasi
  • Mempertahankan dan memotivasi karyawan 
 
Ibu Dina juga meminta kami untuk berkumpul sesuai dengan kepribadian masing-masing. Bu Dina memakai sifat dari Singa,Lumba-lumba,Panda,Kancil.Kami pun berkumpul sesuai diri kami yang disesuaikan dengan keempat hewan tersebut.Bibah sendiri memilih berkumpul di Singa, karena sifatku yang tidak sabaran,suka jalan cepat, pemberani(masa sih?*lol*),berkemauan keras.,dsb.

Kami pun diminta kembali ke tempat duduk dalam waktu 2 menit,ternyata bisa! Lalu ibu Dina menjelaskan apa saja itu sifat-sifat dari keempat hewan tersebut. Dilanjutkan berdiskusi bersama-sama serta menjelaskan bahasa tubuh,kata kunci dan ciri umum masing-masing sifat D,I,S,C. 

3 Hal Penting dalam menggunakan DISC :
  • Maksimalkan keunggulan
  • Minimalkan kelemahan
  • Pendekatan dan gaya komunikasi  
    Mrs.Dina saat berdiskusi dan salah satu boss menjawab.  
     
    Deep Sharing Group
    Fasilitator
     
    Ini dia yang aku tunggu-tunggu! Pembagian kelompok oleh tim Fasilitator. Oh ya, pembagian kelompok ini disesuaikan dengan hasil Tes DISC kami pada saat daftar ulang,ya.Jadi kita harus bisa berlapang dada.
    Alhammdulillah, Bibah mendapat kelompok Umar 26 , dengan Fasilitator yang manis dan baik hati, Miss Ine Rahayu....!
    Tim Umar 26 ini berjumlah 12 orang, dengan 3 perempuan dan 9 laki-laki.
     Kami berkumpul dengan Miss Ine didalam ruang auditorium dan duduk dikursi melingkar.Sebelum dimulai perkenalan masing-masing dari kami, Miss Ine memperkenalkan dirinya terlebih dahulu. Setelah itu Miss Ine mengajak kita bermain games untuk lebih mengenal nama kami... 
     
    Saat sharing bersama Miss Ine
     
    Nah setelah games, kami diminta mengisi absen dan no.hp yang bisa dihubungi. Sembari mengisi, perkenalan dimulai dari Boss Jati, dan yang terakhir Boss Vira.Kami berbagi apa saja bisnis kami,apa saja kelebiha-kekurangan kami, hal yang disukai serta yang tidak disukai, kami pun masing-masing punya harapan kedepannya di Umar Usman ini,juga Kami berharap untuk kelompok kami kedepannya seperti apa.
    Ternyata sudah ada yang berhasil dalam bisnisnya,pernah ada juga yang mengalami kegagalan... namun mereka tetap rendah hati dan terus berusaha. 

    Nah,dari sini aku belajar, dalam kelompok memiliki kemampuan yang berbeda-beda, kepribadian yang berbeda-beda, namun kita harus tetap memiliki satu visi-misi yang sama. Kita harus bisa berusaha menghargai dan saling mengingatkan satu sama lain, demi kebaikan kita semua.Dan yang paling penting, mulai sekarang kami adalah KELUARGA!!!.
     
    Sebelum pulang kami foto bersama diluar ruang Auditorium....
    Tim Umar 26

    Boss Isra,Boss Fachri,Boss Asyhar,Boss Jati,Boss Fadhly,Boss AS,Boss Rian,Boss Zizi,Miss Ine, Boss Vira,Boss Bibah ,Bos Ari,Boss Risyad. 
     
    Sekian blog dari Bibah, sampai jumpa di Blog berikutnya ya.. Hope you all enjoy my Blog, and these Blog will be useful for you all! Thank's a lot...




    Wassalamualaikum...
    SALAM PENGUSAHA SUKSES BERKAH BERLIMPAH,
    ANISA HABIBAH. 





5 komentar:

catatanku mengatakan...

Aaaaa Miss suka bacanya terharu nih. Semoga kita bisa saling bersinergi yaaa. Keep ceria bibah ☺️💕

Anisa Habibah mengatakan...

Ehehehhe Alhamdulillah, makasihhh yaaa miss ine :)

spray hijab hija spray mengatakan...

Wiih tulisannya bibah keren... bakat juga jadi penulis. Semoga singa betina ini jadi psikolog dan pebisnis yang ulung (salam mr. Fey)

Anisa Habibah mengatakan...

Alhamdulillah, terimakasih yaa mr.fey.... aamiin, aamiin insya allah :))

Diana Dewi mengatakan...

Hello Boss Nisa,
Nyampe banget informasi tentang spirit dari kampus ini lewat tulisan Nisa...
Good for you Anisa.....