Jumat, 08 September 2017

MATRIKULASI DAY 2 : Spirit Dompet Dhuafa & My Star Bussiness

Assalamualaikum...

Di Blog ke-dua ini Bibah akan menceritakan kembali pengalaman serta materi yang Bibah dapatkan di Matrikulasi hari ke-dua, yaitu mengenai Dompet Dhuafa dan mengenai bisnis Startup.
Sooo....Hope you enjoy it!

Spirit Dompet Dhuafa

Mr.Parni Hadi & Mr.Ismail Agus Said

Mr.Parni Hadi : "Prophetic Socio-Technopreneur"
  Parni Hadi, Ketua Pembina Dompet Dhuafa.Ketua Pembina Umar Usman.Rektor Pertama Umar Usman.

"Prophetic Socio-Technopreneur" berarti Pengusaha berjiwa (mencontoh)sifat kenabian kemudian berjiwa sosial juga paham teknologi.
Bersifat kenabian yaitu sidiq,amanah,tabligh,fathonah  . Menjadi Pengusaha berarti juga kita pewaris tugas kenabian . Karena kita adalah umat nabi Muhammad saw, lalu menjadi Pengusaha juga bisa dijadikan sebagai media dakwah kita. Karena Menjadi Pengusaha adalah mengemban profesi yang mulia. Pada saat pak Parni mengatakan kalimat tadi, kami diminta untuk mengulangi kalimat tersebut dan diresapi dalam hati. Lalu kami juga diminta untuk membisiki kalimatnya satu sama lain teman kanan-kiri secara bergantian.
Jangan pernah takut untuk menjadi pengusaha, namanya juga pengusaha, ya berusaha terus...! Jangan takut gagal. Belum pernah gagal ya belum berhasil.
Berusaha saja terus-menerus, jalankan yang sudah dijalankan. Usaha itu apa saja boleh, yang penting Halal,Legal,Masuk akal. Kalau barangnya gak halal ya dosa kita. Kalau gak legal kita dihukum, yang masuk akal juga. 
Pak Parni juga meminta kami untuk berdiri lagi, kemudian hadap kanan memijat satu sama lain teman kanan-kiri secara bergantian.Seruuuu dan lucu.




Mr.Ismail Agus Said : "SPIRIT DOMPET DHUAFA"

Ismail Agus Said.Excecutive Chairman Dompet Dhuafa.Koordinator Dompet Dhuafa.Pengurus Institut Kemandirian.Dompet Dhuafa University.

Mr.Ismail dari Lampung, berusia 65tahun. Pernah jadi Rentenir, pernah bekerja di salah satu Bank Yahudi, lalu kemudian menjadi Amil zakat.Pernah juga jual bakso. Ya, semua saya jalankan. Dulu pernah jadi rentenir lalu beberapa tahun kemudian menjadi amil zakat.Ya gapapa bagus kan dari rentenir jadi amil zakat, daripada amil zakat eh jadi rentenir.Dari buruk menjadi baik. Yang sudah baik, ya jadi lebih baik lagi.



Dompet Dhuafa : Menjelang 25 tahun kedua, Dompet Dhuafa "DEDIKASI UNTUK DUNIA"
Lembaga Apasih Dompet Dhuafa itu?
  Dompet Dhuafa adalah lembaga Amil zakat. Namun bukan hanya itu, Dompet Dhuafa ini menjadi Lembaga Wakaf, Lembaga Kemanusiaan, Lembaga Sosial,Lembaga Pendidikan,Lembaga Pemberdayaan Masyarakat,Lembaga Dakwah.
 Dalam Bisnis, Dompet Dhuafa mendirikan Model Minimarket Berbasis Bisnis Sosial, sudah bisa ditemukan di Padang.Jadi, minimarket ini bisa juga menerima barang yang ingin kita jual.Bukan sekedar membeli barang.Harganya juga terjangkau untuk para kaum dhuafa.Dompet Dhuafa juga menggerakkan Wakaf Produktif yaitu,Pengembangan AgroBisnis di Subang.



Adalagi, DOMPET DHUAFA SOCIAL ENTERPRISE adalah Perusahaan yang berbadan hukum PT yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh YDDR dan seluruh keuntungan bersihnya setelah dikurangi pajak,zakat,tantiem,bonus karyawan dan cadangan untuk penambahan modal,dipergunakan seluruhnya untuk mensejahterakan kaum dhuafa.

1.RUMAH SEHAT TERPADU DOMPET DHUAFA
RUMAH SEHAT TERPADU DOMPET DHUAFA, JL.RAYA PARUNG KM 42 KEMANG KAB.BOGOR
2.RS Aka MEDIKA SRIBAWONO 
JL.RAYA IR SUTAMI NO.1 SRIBAWONO LAMPUNG TIMUR

3.RS AS-SAYYIDAH
JL RAYA PONDOK KELAPA NO.50  JAKARTA TIMUR

4.RS MATA SERANG
JL RAYA TAKTAKAN NO.1 SERANG 

5.RST H.IBRAHIM DOMPET DHUAFA
JL RAYA TIRON NO.9 TIRON MADIUN

6.RST BUKIT KEMUNING
KABUPATEN LAMPUNG UTARA

7.RST DAYA MURNI
KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT LAMPUNG

8.RST TEBUIRENG DOMPET DHUAFA
PONDOK PESANTREN TEBU IRENG JOMBANG

9. RUMAH SAKIT LANCANG KUNING
      
Setelah selesai materi dari Pak Ismail, kami sholat dzuhur ke mushola yang ada di basement dan makan siang bersama di lantai 3. 
Kemudian dilanjutkan pukul 13.00 WIB kami kembali keruang kelas lalu datanglah pemateri kami, Pengusaha Startup.


My Star Bussiness
Mr.Andreas Senjaya

Andreas Senjaya, CEO & Founder iGROW. CEO & Co Founder Badr Interactive. Ketua Bussiness Center Ikatan Alumni UI.

Mr.Jay, begitu sapaan akrabnya. Sukses di usia muda bukanlah hal yang tak mungkin,ia sudah membuktikannya.Pengusaha tahun kelahiran 1989 ini sudah meraih banyak penghargaan selama hidupnya,salah satunya yaitu Google Launchpad Accelerator Program,San Fransisco US,2017. Tentunya Mr.Jay ini juga pernah mengalami kegagalan.Dimulai saat ia masih kuliah, mengajak beberapa temannya untuk membuat suatu game dakwah.Ternyata sulit ya,tak semudah yang dikira, begitu katanya.Namun tidak sampai disitu saja, Mr.Jay terus mengusahakan usaha startupnya, karena ia ingin membawa kebermanfaatan bagi banyak orang.

"Mendirikan Perusahaan bukan keterikatan kepada materi yang membuat kita tangguh,melainkan visi yang diusahakan terus-menerus" Andreas Senjaya.
Saat gagal, bukan berarti kita harus berhenti.Tapi Bagaimana kita menciptakan solusi untuk permasalahan yang ada.
Saat 2013, sebenarnya Mr.Jay ini sudah membuat suatu ide, dan aplikasi ojek online,namun ia gagal dikarena pada tahun itu orang-orang belum terlalu antusias dengan gadget. Nah, saat Nadiem membuat Gojek (aplikasi ojek online) di tahun 2015 kemudian berhasil, dikarenakan saat itu sudah banyak orang yang paham akan kebutuhan gadget. Nah dari sinilah pelajaran yang kita ambil, "Dalam bebrbisnis kita juga harus memperhatikan momentum".Yang artinya, kita harus cerdas melihat peluang untuk berbisnis dan disesuaikan. 

Mr.Jay ini sangat menginspirasi, ia Pengusaha muda yang sukses, dibalik itu semua dikarenakan ketaataan nya kepada Allah swt. Sehari-hari, iasetelah sholat subuh pantang beranjak sebelum selesai membaca Al-qur'an 1Juz.Masya Allah...  Ia juga membuat suatu Aplikasi belajar Al Qur'an yang sangat mudah untuk bisa dipelajari,dipahami dan tentunya berguna untuk banyak orang,di seluruh dunia bisa pakai, karena butuh berapa banyak guru kalau harus mengajarkan Al-Qur'an secara langsung untuk banyaknya manusia didunia ini, 10.000 guru pun dirasa kurang.Dibuatlah LEARN QUR'AN.


 Ada juga bisnis iGrow, yaitu Startup di bidang Pertanian, 


Investasi melalui iGrow
 

Banyaknya petani yang kesulitan modal dan melimpahnya lahan menganggur di Indonesia membuat Mr.Jay berpikir keras untuk mengatasi persoalan tersebut. Bersama mitranya, dia pun menciptakan iGrow Asia, platform online yang berupaya menghubungkan antarberbagai pihak dalam rantai pasokan pertanian. “Kita menghubungkan antara sponsor penanaman, petani, pemilik lahan, dan pembeli hasil penanaman dengan menggunakan teknologi cloud-based agricultural managemen software”

 iGrow ini investasi tanpa harus punya lahan, tapi kita bisa memberdayakan petani,ramah lingkungan,ketahanan pangan juga sangat diperhatikan.
 


 

 Selain iGrow, ia juga membuat aplikasi YAWME (Your Awesome Muslim e-Assistant) Aplikasi yang mengingatkan untuk shalat dan fitur muslim lainnya.


Ada juga Aplikasi akuntansi bisnis,yaitu yang membantu kita tidak perlu lama-lama untuk membuat laporan keuangan dalam bisnis kita... yang akan diLaunching Senin,11 September 2017 ini. Ya, temanbisnis.com - Langkah termudah mencatat keuangan bisnis secara profesional dan menyenangkan untuk Usaha Mikro-Kecil .


Alhamdulillah,setelah selesai materi kami pun diperbolehkan untuk pulang.Seperti biasa, berangkat sendiri,pulang pun sendiri.Haha ndak papa, I love Myself!😊😊

Sekian Blog bibah Matrikulasi Day 2 ini, Semoga bermanfaat ya bagi kalian yang sudah membaca, Terimakasih!.


Wassalamualaikum...
SALAM PENGUSAHA SUKSES BERKAH BERLIMPAH,
ANISA HABIBAH.  
 

3 komentar:

spray hijab hija spray mengatakan...

Semoga bisnis kita juga bisa jadi kendaraan ke surga.

Anisa Habibah mengatakan...

Aamiin, insya allah....

Diana Dewi mengatakan...

Bagus sekali kampus ini...
Kampus idaman...
Semoga ALLAH SWT memberi keberkahan utk semua yg terlibat dalam kemajuan kampus ini.