Kamis, 09 April 2020

Apa Definisi "Suksesmu" ? - SIMBOL SUKSES

Bismillahirrahmanirrahiim...

Alhamdulillah, akhirnya setelah sekian lama, aku nulis di blog ini lagi, yey!
Kangen banget rasanya. Ya, kali ini aku mau share tentang apa yang sudah aku dapat dari mentoring bersama teman-temanku, yakni "Simbol Sukses".  
Setiap orang memiliki definisi suksesnya masing-masing. Lalu, apa definisi suksesmu? Faktanya, beberapa orang dari teman-teman mungkin masih bingung apa itu definisi "sukses". Nah, daripada bingung, langsung aja simak tulisanku berikut ini, yuk!  


"SIMBOL SUKSES"

Simbol Sukses terdiri dari dua kata, yakni: Simbol dan Sukses.
Simbol itu sendiri berarti suatu tanda. 
Dan sukses itu berarti suatu keberhasilan dalam mencapai tujuannya. Sebenarnya, tidak ada definisi pasti mengenai sukses, karena setiap orang memiliki definisi suksesnya masing-masing. Hanya orang tersebutlah yang dapat mendefinisikan kesuksesannya.

Berikut ini merupakan Langkah-langkah Hidup untuk Sukses:
Ada 3 langkah-langkah hidup untuk sukses:
  1. Pikiran: Pikiran adalah suatu kontrol yang ada pada diri kita. Dengan pikiran, kita mampu mengontrol sesuatu. Sesuatu bisa diawali dengan suatu pikiran. 
  2. Ucapan: Nilai dan isi yang baik. Dengan ucapan yang baik, maka akan berbuah nilai dan isi yang baik pula. Pada firman Allah di Q.S As-Saff ayat 2-3  yang bermakna bahwa Allah sangat benci terhadap orang yang mengatakan sesuatu yang tidak dikerjakan oleh orang tersebut.
  3. Tindakan: Ini yang terpenting. Adanya suatu pikiran dan ucapan tidaklah berarti apa-apa tanpa suatu tindakan nyata. Bahkan, jika kita hanya mengucapkannya tanpa melakukannya, sama saja seperti orang yang munafik.
Ketiga langkah di atas merupakan faktor internal untuk hidup sukses. 

Sedangkan faktor eksternalnya adalah lingkungan. Ya, kita butuh lingkungan yang mendukung langkah-langkah kita untuk mencapai kesuksesan.

Selain itu, adapula Tipe-tipe Manusia dalam Meraih Kesuksesan:
  1. Tipe Manusia yang memiliki simbol gagal: Tipe manusia ini memiliki simbol gagal yang berarti gagal di dunia dan di akhirat. Contoh: di dunia ia suka bermaksiat, tidak menggunakan hartanya di jalan kebaikan. Contoh nyata: orang kaya yang kikir/pelit.
  2. Tipe Manusia yang memiliki simbol sukses tetapi tidak memiliki niat ikhlas: Tipe manusia ini hanya sukses di dunia, tapi di akhirat semua sia-sia, tidak dapat apa-apa. Contoh: Berbuat baik tapi niatnya ingin dipuji/dilihat orang lain.
  3. Tipe Manusia yang memiliki simbol sukses didasari niat yang ikhlas: Tipe manusia ini yakni yang jika ia kaya, ia tetap dermawan. Memanfaatkan sesuatu yang ia miliki untuk dibagikan ke orang lain. Tidak hanya untuk dirinya sendiri.  
 Dan dari sharing mentoring ini, membuat kembali mengingatkan diri, bahwa sukses yang sesungguhnya ialah sukses yang didasari dengan niat ikhlas karena Allah. Fokus mencari Ridho Allah. -ANISA HABIBAH-


Definisi Sukses by ANISA HABIBAH
Definisi Sukses by ANISA HABIBAH


 Di dalam surat Al-Bayyinah ayat ke-7 bermakna bahwa orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh ialah sebaik-baiknya makhluk.
Masyaa Allah. Sungguh beruntung apabila menjadi orang yang seperti itu. Semoga kita termasuk ke dalam bagian orang-orang yang beruntung itu. Sukses dunia-akhirat. Aamiin ya rabbal aalaamiin.
Wallahu a'lam bish shawwab.

Jadi, sekarang sudah tahu belum, apa definisi suksesmu? Yuk, sama-sama fokus mencari ridho Allah dengan segala apapun potensi yang kita miliki, dan SEMANGAT! 

Semoga bermanfaat dan berkah ya. Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah. Aamiin.

Walhamdulillahi rabbil aalaamiin.

SALAM MUSLIMAH TANGGUH INSPIRATIF,
ANISA HABIBAH.

Tidak ada komentar: