Minggu, 08 Oktober 2017

Hypnoselling

Assalamualaikum...
Blog bibah kali ini akan membahas tentang satu materi yang sangat dibutuhkan pada saat kita melakukan aktivitas berjualan.Ya, materi ini bernama Hypnoselling, yang telah disampaikan oleh Mr.Wendi Abdillah

Hypnoselling
Mr.Wendi Abdillah

Mr.Wendi Abdillah, Pakar Hypnoselling.  
Hypnoselling adalah salah satu teknik komunikasi yang bertujuan untuk mempengaruhi klien atau pelanggan.Hypnoselling ini berawal dari teknik hipnosis, karena bertujuan untuk membuat customer kita fokus atas penjelasan kita.Yang tadinya tidak ingin membeli, menjadi berfikir untuk membeli.Yang sudah berniat untuk membeli, maka semakin tepacu untuk segera membeli.
Setiap manusia memiliki pikiran bawah sadar dan  pikiran sadar.Pikiran bawah sadar sekitar 88%, sedangkan pikiran sadar sebesar 12%.

Begini contohnya, kita memiliki teman yang gemuk memiliki kemauan untuk bisa merubah berat badannya menjadi ideal.Bagaimana caranya? tentu ia sudah mengetahuinya, yaitu dengan cara menjaga pola makan teratur, istirahat yang cukup dan olahraga yang teratur.Namun, apa yang terjadi? sekarang ia masih gemuk.Dikarenakan dia tidak melakukannya, hanya sekedar mengetahuinya saja,Berarti, tandanya dia belum yakin.Ada dua pikiran, yakni pikiran sadar, ada sesuatu yang kita ketahui.Sedangkan pikiran bawah sadar, sesuatu yang mendorong kita melakukan sesuatu yang artinya kita meyakini.Tahu ada surga dan neraka, tetapi ibadah kita masih kurang, berarti kita belum yakin.Belum memasuki pikiran bawah sadar kita.

Tugas kita membuat customer yakin dan tidak hanya sekedar tahu.Tugas kita ialah memberikan informasi ke pikiran sadar tembus ke pikiran bawah sadar.Buat dia tahu, buat dia yakin.

Hypnosis dan Gelombang Otak Manusia

Ada beberapa gelmbang dalam otak manusia, di antaranya :
  • BETA (30-14 Hz) :  terbagi 7 sampai 8 fokus
  • ALPHA (13,9 - 8 Hz) : terbagi hanya 2 sampai 3 fokus
  • THETA (7,9 - 4 Hz) : hanya fokus dalam satu hal 
  • Delta (3,9 - 0,1 Hz) 
Jika ada customer yang berada pada gelombang beta ,maka tugas kita adalah mempersempit fokusnya, bawalah ia ke dalam gelombang alfa dan theta.
Yang tadinya customer ke beta, maka kita bawa ke alpha sehingga fokusnya menjadi terpusat dan kita mampu memberikan sugesti yang langsung mengena ke pikiran bawah sadarnya.
Gelombang theta berarti dialami saat kita sedang bermimpi. Gelombang theta  ini adalah gelombang hypnosis yang kita sebut kondisi trenz, dalam kondisi trenz, seseorang benar-benar fokus ke dalam satu titik, sehingga ia akan melakukan apapun yang menjadi sugesti.
Pada saat kita tidur dan kita tidak merasa mimpi apa-apa, dan pada saat bangun juga tidak ingat kita mimpi apa, maka kita sudah masuk kedalam gelombang delta.

Teknik Hypnoselling ini hanya bisa dipakai jika produk kita berkualitas.
Jika produk kita tidak berkualitas, maka akan ada 3 kemungkinan yang akan terjadi

1. Customer menolak dan  tidak akan melakukan pembelian ulang
2. Customer melakukan black campaign
3. Customer bisa menuntut

  7 Langkah Hypnoselling

Berikut merupakan langkah-langkah Hypnoselling, ada beberapa saja yang dibahas, diantaranya :
 1. KEPOIN CUSTOMER
 Kita harus mengetahui pasar. agar kita tahu mana senjata yang tepat untuk digunakan mencapai sasaran.Kita perlu menggunakan pendekatan yang baik untuk membuat customer kita closing.Untuk membuat customer kita closing lebih cepat, kita harus mengetahui data para customer. KEPO adalah rasa ingin tahu disertai niat dan action yang kuat.Beberapa hal yang harus kita ketahui dari customer kita adalah : 
  • Jenis kelamin
  • Kisaran usia
  • Domisili
  • Pekerjaan
  • Status perkawinan dan tanggungan
  • Hobi
  • Penghasilan perbulan
  • Kesehatan
  • Impian  
  • Prestasi yang pernah diraih.
Karena hidup ini singkat, waktu terbatas, maka kita sebagai pengusaha harus tahu benar target pasar yang sesuai untuk produk kita.Ada dua macam pasar, Pasar Tersegmen dan Pasar Tertarget. Pasar tersegmen belum tentu tertarget, namun pasar tertarget merupakan pasar potensial yang memiliki daya beli yang tinggi.

2. Ilmu Langit (Doa,Dhuha,Sedekah)
  • DO'A : Saat kita memiliki suatu keinginan, apapun itu, jadikan Do'a sebagai senjata utama kita,Saat kita memiliki keinginan, maka dekati terlebih dahulu yang dapat memberi keinginan kita tersebut, siapalagi kalau bukan, ALLAH, MAHA PEMBERI REZEKI. Maka dari itu kita harus bisa mendekati diri kepada ALLAH, perbaiki selalu ibadah kita.
  • DHUHA : Sebelum bertemu dengan klien, sebaiknya kita melaksanakan ibadah terlebih dahulu, yaitu Sholat Dhuha bagi kita seorang muslim. Keutamaan shlat dhuha sangat banyak, diantaranya membuat  hari-hari kita lebih fresh dan dapat melimpahkan rezeki.
  • SEDEKAH : Biasakan bersedekah, mulai sekarang rajin-rajinlah bersedekah.Karena dalam sedekah dapat menimbulkan hukum sebab-akibat.Manfaat bersedekah juga banyak, dapat melipatgandakan rezeki, menyehatkan tubuh juga menjauhkan kita dari bala.Di awal, kita boleh bersedekah 10% dari penghasilan kita.Namun, saat penghasilan kita sudah bertambah, maka kita bisa bersedekah 30% dari penghasilan kita.Sekali-kali, kita juga boleh sedekah ekstrim,  yang artinya memberikan suatu barang yang sangat kita cintai dan yang masih bernilai manfaat.Hal ini merupakan suatu bentuk dari meninggalkan kecintaan kita terhadap dunia, dan bisa memfokuskan diri kita untuk membantu orang lain.
3. Presentasi (Pra-Presentasi-Closing)
    Pada tahap pra, Kita harus mengetahui cara sopan santun, pemilihan kata, dan bahasa tubuh yang baik.Bagaimana caranya? Pacing, yakni penyamaan dari intonasi suara, bahasa tubuh dan latar belakang.
Pada tahap presentasi, kita harus pandai membaca kepribadian customer kita.Juga merangkai kalimat hypnotic.
Berikut cara merangkai kalimat hypnotic :
  • Yes set : bertanya yang jawabannya iya.
  • Wow effect : caranya kita bisa mengedifikasi, membuat kalimat hipnotik dan kombinasi.
  •  1 kalimat negatif dilanjutkan dengan 3 kalimat positif
  • Hindari kata tidak dan jangan
  • Berikan pertanyaan dan pilihan
  • Persepsi berbalik dari pernyataan
  • Closing.

4. Follow Up
 Ada 2 macam Follow up, yaitu secara profesional dan manual.
Cara profesional yaitu dengan menyusun kalimat yang membuat PENASARAN , karena PENASARAN = PEMASARAN, PEMASARAN - PENASARAN.
Cara manual yaitu dengan cara melakukan pra pertemuan via chatting. 
Hari 1  : Say Hi. Hi saja, tidak perlu bertanya.
Hari 2 : Libur
Hari 3 : Tanya, tahu dan membuat senang
Hari 4 : Cari tahu info yang diberikannya
Hari 5 : Berikan hasil searching
Hari 6 : Libur
Hari 7 : Membuat perjanjian bertemu untuk bahasan.

5.Evaluasi
Pada tahap evaluasi, kita dapat belajar dari mitra terbaik. Cari tahu sebanyak-banyaknya informasi-informasi. Ketahui apa kekurangan dan apa yang harus ditambahkan pada kelebihan kita.


Ya, cukup sekian Materi dari Mr.Wendi Abdillah... semoga bagi yang mmembaca dapat diambil manfaatnya. Terimakasih...

Sekian blog Bibah kali ini, semoga bisa bermanfaat yaa.... bagi yang sudah membaca, Thank you so much!!!

Wassalamualaikum...
Salam Pengusaha Sukses Berkah Berlimpah,
ANISA HABIBAH.   



 

1 komentar:

FGroup Indonesia mengatakan...

kalo ada ebooknya bagi dong